--> Skip to main content

Alat Pengaduk PCB sederhana (1)

salam.............................
dari judul diatas udah keliatan kalo alat ini di tujukan buat orang yang males ngaduk PCB tp alat ini adalah hasil dari kreativitas dari orang malas. jd orang malas juga pintar lho.......

langsung aja. desain alat pengaduk PCB ini adalah seperti berikut.



perhatikan desainnya yang seperti mobil-mobilan ini he he he he he
disini saya langsung menggunakan motor DC yang terhubung ke power supplay sehinggan pergerakan motor hanya satu arah saja. terserah kita ingin menggerakkan ke arah mana.

seperti gamabar, saya menggerakkan ke arah kiri.
kedua roda besar penggoyang yang memiliki poros di sisi yang berbeda membuat pergerakan menjadi eperti enjot-enjotan he he he. kemudian kita hubungkan kedua roda penggoyang dengan sabuk atau rantai sesuai mekanik yang telah kita buat sehinggan 1 motor sudah cukup unutk menggerakkan kedua roda dengan putaran yang sama. perlu di perhatikan bahwa poros harus berlawanan agar bisa bergerak naik turun seperti pada gambar diatas.

motor yang saya gunakan adalah motor power window seperti gambar berikut ini:
motor ini sangat kuat unutk menggerakkan wadah yang ada di atas alat dan motor ini memiliki putaran yang tidak begitu cepat karena telah di beri beberapa gear didalamnya akan tetapi torsi yang dihasilkan sangatlah besar.

semoga artikle ini bisa menbantu kita mempermudah pekerjaan karena proses mengaduk PCB jika menggunakan FeCl3 atau yang sering dikenal dengan ferit membutuhkan proses lama dibandingkan larutan kimia lainnya.

intinya adalah........ide hemat gak buang waktu.......
selamat mencoba......

Lihat Postingan Lain mengenai Alat Pengaduk PCB
1. Alat Pengaduk PCB menggunakan Microcontroler
2. Alat Pengaduk PCB menggunakan Multivibrrator

selamat mencoba ya.........!!!!!!
salam anak pulau :-)

Related Article
[1] alat pengaduk pcb sederhana
[2] alat pengaduk pcb 2
[3] alat pengaduk pcb menggunakan multy vibrator
[4] The Circuit Designer's Companion, Second Edition (EDN Series for Design Engineers)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar